Paslon ‘Josse’ Hampir Pasti Direkomendasi Megawati

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan setempat menyebut pengajuan Setyo Sukarno yang juga Ketua DPRD Wonogiri sebagai bakal calon Wakil Bupati menyusul pilkada bupati 2020 nampaknya diterima DPP. Meski rekomendasi DPP PDIP belum turun namun Setyo Sukarno sudah dipanggil untuk mengikuti sekolah calon kepala daerah.

“Ya mudah-mudahan atau hampir pasti Pak Tiyo (sapaan akrab Setyo Sukarno) bersama saya mendapat rekomendasi ketua umum partai, karena tadi Pak Tiyo melapor akan mengikuti sekolah calon kepala daerah,” ujar Joko Sutopo di kompleks Setda Wonogiri, Rabu (26/08/2020).

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Setyo Sukarno diajukan sebagai bakal calon (Balon) Wabup PDIP menggantikan Sriyono SPd yang mengundurkan diri dari pencalonan karena alasan kesehatan. Ketua DPC PDIP Wonogiri ini menandaskan partainya mengajukan balon bupati dan wakil bupati lantaran suara PDIP di dewan mencapai 28 kursi.

Bahkan sejumlah parpol khususnya Golkar dan PAN sudah merepat ke DPIP mendukung psangan Sak Josse (Joko Sutopo-Setyo Sukarno) untuk maju Pilkada Bupati 9 Desember 2020 mendatang. “Partai kami parpol terbuka sehingga siapapun (partai) boleh dan sah-sah saja bergabung mendukung pencalonan kami,” kata Bupati yang akrab disapa Mas Jekek.

Kendati sudah mendapat rekomendasi dari PAN dan Golkar, jajaran PDIP tetap melakukan komunikasi politik dengan partai yang ada di DPRD Wonogiri. Tapi, tutur Jekek, jika partai lain seperti PKB, Gerindra dan PKS menggalang koalisi sendiri untuk mengusung bakal calon lain dirinya akan menghormati keputusan tersebut. “Kita jadikan momentum pilbup 2020 sebagai pendidik politik rakyat yang baik, sehat, indah dan elegan,” ujarnya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI