PDAM Sragen Targetkan Tambah 2.250 Sambungan

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro Sragen mematok target penambahan 2.250 sambungan pelanggan baru pada 2019 mendatang. Sambungan baru sebanyak itu sebagian besar di wilayah rawan kekeringan, sebelah utara Sungai Bengawan Solo.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirto Negoro Sragen, Supardi kepada wartawan Kamis (20/12/2018) mengatakan, saat ini jumlah pelanggan PDAM Sragen sudah mencapai 63.000 dan tahun depan ditargetkan bertambah lagi. "Pelanggan PDAM Sragen terbilang paling tinggi di wilayah Soloraya. Bahkan lebih tinggi dibanding PDAM Solo atau Klaten," ujarnya.

Menurut Supardi, pihaknya sudah mulai nyicil membuat sumur baru di Kecamatan Sambungmacan untuk keperluan penambahan pelanggan baru.

"Nanti sumur di Sambungmacan diarahkan untuk pelanggan baru di Kecamatan Tangen dan Jenar. Sebenarnya Jenar sudah ada sumber air, tapi asin sekali melebihi air laut sehingga tidak bisa digunakan," jelasnya.

Supardi mengatakan, untuk penambahan sambungan baru tahun depan akan diprioritaskan di wilayah rawan kekeringan, di utara Bengawan Solo. Berdasarkan pengecekan di beberapa tempat, sumber air di Jenar kadar keasinan melebihi air laut. Yakni TDS lebih dari 1000, padahal batas maksimal keasinan air yang boleh dikonsumsi di bawah TDS 500.

Dia menambahkan, tahun ini PDAM Sragen sudah berhasil memasang 2.800 sambungan baru dari target sejumlah 2.000. Bulan Desember ini juga merupakan ulang tahun ke-28 PDAM Tirto Negoro. Sehingga ada program pemasangan sambungan baru dengan biaya murah, hanya Rp 500 ribu. (Sam)

BERITA REKOMENDASI