PDIP Target Menang di Enam Daerah Solo Raya

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – PDIP Jawa Tengah menarget kemenangan pasangan calon kepala daerah yang diusungnya di ‘kandang banteng’ pada Pilkada serentak 2020. Di wilayah eks Karisidenan Surakarta, enam kabupaten/kota penyelenggara Pilkada diklaim basis massa PDIP.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Kusriyanto mengatakan enam kabupaten/kota di wilayah eks Karisidenan Surakarta itu adalah Kabupaten Sragen, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Sukoharjo dan Kota Solo. PDIP dominan di kursi legislatif maupun warna politik di tiap perhelatan pemilu sehingga prediksi kemenangan mutlak bukanlah isapan jempol.

“Kami targetnya menang. Memang tidak pasang prosentase perolehan suara karena itu relatif,” katanya di kantor DPC PDIP Karanganyar, Minggu (06/09/2020).

Dari enam daerah itu, terdapat beberapa yang berpotensi pasangan calonnya melawan kotak kosong. Artinya, tak ada yang berani menantang paslon yang diusungnya bersama gabungan parpol.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kotak kosong berpotensi muncul di Pilkada Boyolali dan Sragen. Mengenai hal ini, timses memiliki tugas mengajak para calon pemilih agar menggunakan haknya. “Jangan golput meski hanya satu pasangan calon yang maju Pilkada,” katanya.

Sementara itu PDIP berkomitmen terus mengawal paslon yang diusungnya, terutama di daerah yang memunculkan lebih dari satu pasangan calon. “Seperti di Sukoharjo, kita tetap komitmen sampai 9 Desember mendatang (bersama Golkar mengusung Etik Suryani-Agus Santosa),” katanya.

Sementara itu di tingkat Jawa Tengah, PDIP optimistis memenangkan pasangan calonnya di 15 kota/kabupaten dari 21 daerah penyelenggara Pilkada serentak 9 Desember 2020. (Lim)

BERITA REKOMENDASI