Peduli Covid, Warga UNS Solo Ramai-ramai Donor Plasma Darah

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Sebanyak 27 sivitas akademika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi pendonor plasma convalescent dalam Donor Darah “UNS Peduli Covid Selamatkan Sesama'” yang digelar bersama Palang Merah Indonesia (PMI) di auditorium GPH Haryo Mataram, Selasa (29/12).

Sebanyak 27 pendonor plasma convalescent sebelumnya diketahui pernah positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh. Hal ini dibenarkan rektor Prof Dr Jamal Wiwoho di tengah kegiatan donor. Melalui kegiatan ini sekaligus mendata terhadap sivitas akademika yang sembuh dari Covid-19.

“Sebagai pendonor plasma convalescent sangat bermanfaat untuk menolong pasien yang terkena Covid-19 ,” kata Prof Jamal usai mendonorkan darahnya.

Ketua Penyelenggara Donor Prof Reviono menambahkan selama pandemi Covid-19, stok darah di PMI mengalami penurunan. Dan menjelang tahun baru, dimungkinkan kebutuhan darah meningkat.

Donor darah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan pengaturan jadwal. Pukul 08.30-10-30 bagi pendonor FH, FEB, FKIP dan FP. Pukul 10.30-12.30 FT, FISIP, FMIPA dan FKOR. Pukul 12.30-13.00 istirahat dan pukul 13.00-15.30 untuk FSRD, FIB, FK, Biro, Lembaga, Sekolah Vokasi, Pascasarjana, Rumah Sakit dan UPT.-(Qom)

 

BERITA REKOMENDASI