Pelajar Tekuni Ekonomi Kreatif, Ganjar Beri Apresiasi

SOLO, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi pelajar yang telah berani terjun ke bidang ekonomi kreatif. Hal itu diungkapkan saat menghadiri Grand Final Student Food Creativity Competition (SFCC) XIII  yang digelar program studi Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian (FP) Univeristas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (09/10).

"Saya tertarik hadir di sini karena anak muda mulai menyentuh ekonomi kreatif. Saya ingin melihat dan mengapresiasi anak-anak kreatif," kata Ganjar. Ia semakin tertarik bahan-bahan yang digunakan para siswa merupakan bahan lokal dan rempah-rempah. SFCC XIII memang fokus pada inovasi makanan atau kuliner berbasis rempah-rempah.

BACA JUGA :

Ganjar Pranowo : Kaget Aku, Tak Kiro Opo

Ganjar Silaturahmi dan Nostalgia di Griya Sri Soeparmi

Bisnis makanan atau kuliner kreatif memiliki peluang yang luar biasa. Ia menyebutkan di Jawa Tengah nama makanan.dapat menjadi 'branding' menarik. Dicontohkan, di Temanggung, singkong yang diolah dengan gula namanya 'bajingan'. Hal ini tentu unik dan menarik perhatian, padahal makanan dengan bentuk dan rasa yang sama juga ada di daerah lain.

Kompetisi yang mengangkat tema `Teknologi Perkebunan dan Rempah-Rempah diikuti 56 SMA/K sederajat di tingkat nasional yang kemudian diseleksi menjadi 10 tim masuk babak final. Sepuluh tim yaitu SMK N 1 Temanggung (2 tim), SMK N 1 Mojosongo (3 tim), SMA N 1 Wonosobo, SMK Kebon Dalem Semarang, SMA N 1 Tumpang, SMK N 1 Mejayan dan SMK N 1 Jakenan.

"Ada dua tahapan penyaringan, pertama kami saring dari abstrak yang dikirimkan. Sesuai atau tidak dengan tema. Kemudian mereka mengirimkan jurnal atau karya tulis ilmiah secara fisik. Baru terpilih 10 tim terbaik untuk presentasi. Tim yang masuk 3 besar, produknya akan kami tampilkan di 'food expo' tanggal 26 Oktober mendatang," jelas Iskar Lazuardi, Ketua SFCC XIII UNS. (Qom)

BERITA REKOMENDASI