Pelaksana Uji Coba PTM Pakai Vaksin Jatah Lansia

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar menggunakan jatah vaksin Covid-19 bagi lansia, untuk diberikan ke guru dan tenaga kependidikan yang melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Langkah tersebut diklaim telah mendapat izin Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Kami menyampaikan ke pemprov bahwa ada 5 sekolah yang akan melaksanakan uji coba PTM. Lalu ditanya jumlahnya. Kami menjawab ada 435 guru dan tenaga kependidikan yang terlibat. Dari pemprov menganjurkan memakai dulu jatah untuk lansia dan pelayan publik usia di atas 50 tahun. Dijamin akan diganti,” kata Sekretaris DKK, Purwati kepada wartawan, Senin (30/3).

Sebenarnya, DKK mengajukan tambahan 1.000 vial vaksin guna memebuhi kebutuhan vaksinasi bagi guru. Namun pemprov menyatakan tidak memiliki sebanyak itu. Bahkan DKK disarankan memakai dulu logistik yang ada.

“Akhirnya disuruh pakai sejumlah kebutuhan yang akan melaksanakan uji coba PTM,” katanya.

Vaksinasi bagi 435 guru dan tenaga kependidikan itu berlangsung di RSUD dan RS PKU Karanganyar. Mereka

MAN 1, MAN 1, SMKN 1, MTsN 2 dan SMPN 1. Tahap kedua vaksinasi dijadwalkan 28 hari berikutnya di dua rumah sakit tersebut. Mereka bukan hanya guru usia 50 tahun ke atas, namun seluruhnya yang akan menjalani uji coba PTM usia 18 tahun ke atas baik itu ASN maupun non ASN.

Lebih lanjut Purwati mengatakan, petugasnya akan menguji swab antigen bagi guru dan tenaga pendidik lima sekolah itu secara acak.

BERITA REKOMENDASI