Pelaku Ritual Gunung Lawu Dievakuasi

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Seorang warga Rt 03/Rw XI Sukorejo, Gunungpati, Semarang, Manik Indratari (41) tepaksa dievakuasi dari jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho akibat kakinya cidera, Minggu (9/7/2017) malam. Untungnya, para sukarelawan sigap memberi pertolongan pertama.

“Pendaki lain saat turun melapor ke pos Candi Cetho pada Minggu sekitar pukul 17.30 WIB, perihal kesulitan rombongan lain di atas. Lokasinya tepat di bawah pos dua. Seorang wanita tak bisa melanjutkan perjalanan naik maupun turun karena kakinya cidera,” kata Anggota Sukarelawan Candi Cetho (Reco), Eko Supardi Memora kepada KRJOGJA.com, Senin (10/7/2017).

Tim relawan langsung meluncur dengan membawa perlengkapan seperti tandu, obat-obatan dan sebagainya. Korban ditemukan dalam kondisi sadar bersama tujuh orang rombongan pelaku ritual. Setelah diusut, mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah dengan tujuan bersemedi di salah satu petilasan di gunung Lawu. Manik terpeleset saat perjalanan turun.

“Korban terpeleset lalu terjatuh. Kemungkinan ada yang retak tulangnya, namun kami tidak tahu pasti. Yang jelas dia kesakitan dan tidak bisa berjalan. Lalu kami bawa ke bawah berjarak 1,5 kilometer dari posko dengan cara ditandu,” katanya.

Salah seorang anggota rombongan menghubungi keluarga korban agar menjemputnya di pos pendakian Candi Cetho. Setahu dirinya, keluarga korban melarikannya ke RS PKU Muhammadiyah usai korban tiba di posko sekitar pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan data di poskonya, para pelaku ritual kejawen itu naik naik pada Jumat (07/7/2017) setelah mendaftar. Rencananya, mereka akan turun pada Minggu (09/7/2017) siang. (R-10)

 

BERITA REKOMENDASI