Pembangunan Gencar, Sragen Kini Minim Ruang Publik

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen terus membangun ruang publik atau 'public space' sebagai sarana berkumpulnya masyarakat. Saat ini di 20 kecamatan yang ada, ruang publik dinilai masih sangat kurang, bahkan nyaris punah.

Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto kepada wartawan Minggu (25/3/2018) mengatakan, salah satu ruang publik yang sedang gencar dibangun berada di Kecamatan Gondang. Di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur tersebut sedang dibangun di Taman Gondang serta Stadion Mini Gondang. Selain itu ada pembenahan Omah Londo yang dikreasi sepenuhnya oleh anak muda setempat.

Menurut Bambang, ke depan pembangunan ruang publik harus dilakukan merata di seluruh Sragen. Jika tidak dilakukan, bukan tidak mungkin ruang publik akan menghilang tergerus gencarnya pembangunan. "Hampir semua kecamatan di Kabupaten Sragen sudah kehilangan public space, termasuk kota Sragen sendiri. Kalau terlambat penangannya, ruang publik biaa hilang," ujar pria yang akrab disapa Totok ini.

Totok menyampaikan, salah satu keputusan besar pemkab membangun ruang publik adalah saat membangun Taman Kridoanggo dengan menggusur Gedung KNPI. Mestinya langkah besar seperti ini harus terus dilakukan guna menyediakan ruang publik yang representatif.

"Termasuk pembangunan kawasan Alun-alun yang bebas PKL, juga dilakukan dalam rangka penyediaan ruang publik yang nyaman dan aman," jelasnya.

Dijelaskan Totok, Khusus pembangunan Taman Gondang, menelan anggaran hingga Rp 800 juta. Tidak sedikit memang, dana yang dibutuhkan untuk membangun ruang publik yang representatif bagi warga. "Pembangunan ruang publik seperti ini harua diperbanyak. Warga butuh ruang bermain yang lapang dan sehat," tambahnya.(Sam)

 

BERITA REKOMENDASI