Pemberlakuan PPKM Darurat, Gugus Tugas Grogol Temukan PKL Lakukan Pelanggaran

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRjogja.com- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol menemukan banyak kasus pelanggaran Instruksi Bupati Sukoharjo Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Virus Corona dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Virus Corona di wilayah Jawa dan Bali.

Pelanggaran ditemukan saat petugas melakukan operasi pada hari pertama pemberlakuan PPKM darurat, Sabtu (3/7/2021). Pelaku pelanggaran langsung mendapat sanksi tegas mengingat kondisi sekarang masih pandemi dan terjadi lonjakan kasus positif virus Corona.

Camat Grogol sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol Bagas Windaryatno, Minggu (4/7/2021) mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol turun langsung memantau wilayah pada saat hari pertama pemberlakukan PPKM darurat. Petugas melakukan penyisiran dengan sasaran utama di kawasan Solo Baru sebagai pusat kuliner. Hasilnya ditemukan banyak pelanggaran dilakukan pelaku usaha makanan dan minuman seperti pedagang kaki lima (PKL), warung makan dan lainnya.

Bentuk pelanggaran setelah pelaku usaha makanan dan minuman karena mereka masih menyediakan meja dan kursi untuk pembeli atau pelanggan, tetap membuka usaha melebihi batas waktu maksimal sesuai dengan Instruksi Bupati Sukoharjo dan Instruksi Menteri Dalam Negeri pada pukul 20.00 WIB. Pelanggaran lain berupa temuan kerumunan massa pembeli atau pengunjung.

Atas pelanggaran tersebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol langsung memberikan tindakan tegas. Para pelaku usaha diminta tutup dan pembeli membubarkan diri untuk selanjutnya pulang ke rumah demi menghindari kerumunan massa yang bisa menyebabkan terjadinya penularan virus Corona.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol meminta pada pelaku usaha dan masyarakat untuk tertib dan mematuhi aturan dalam Instruksi Bupati Sukoharjo dan Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM darurat. Kepatuhan sangat penting mengingat sekarang masih pandemi dan terjadi lonjakan kasus positif virus Corona.

“Pada hari pertama pemberlakuan PPKM darurat masih ditemukan banyak pelanggaran pelaku usaha. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol sudah melakukan penertiban dan tindakan tegas. Kami minta semua pihak mematuhi aturan karena tingginya kasus virus Corona sekarang,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI