Pemberlakuan PPKM Darurat, Gugus Tugas Grogol Temukan PKL Lakukan Pelanggaran

Editor: Ary B Prass

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol sebelum pemberlakukan PPKM darurat sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat termasuk pelaku usaha. Mereka diminta kerja sama membantu pemerintah mengatasi pandemi virus Corona,” lanjutnya.

Bagas menegaskan, setelah ini apabila masih ditemukan pelanggaran maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol akan memberikan tindakan lebih tegas lagi. Sebab aturan sudah jelas termasuk pemberian sanksi bagi pelaku pelanggaran.

“Ada juga sanksi denda sesuai Peraturan Daerah (Perda) Sukoharjo tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, mengatakan, Instruksi Bupati Sukoharjo dikeluarkan pada 2 Juli 2021 menindaklanjuti keluarnya Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM Darurat virus Corona. Dasar lainnya yakni adanya Instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulangan Lonjakan Kasus Virus Corona di Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten Sukoharjo sendiri pada penerapan PPKM Darurat virus Corona saat ini pada kriteria situasi level 4. Hal tersebut disebabkan karena lonjakan kasus positif virus Corona. Dalam Instruksi Bupati Sukoharjo tersebut mengatur sejumlah pengetatan kegiatan masyarakat.

Instruksi Bupati Sukoharjo juga memuat pengetatan kegiatan pelaksanaan kegiatan makan minum di tempat umum seperti warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan atau mall hanya menerima delivery atau take away dan tidak menerima makan di tempat atau dine-in.

Kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall, pusat perdagangan ditutup sementara kecuali akses untuk restoran, supermarket, dan pasar swalayan dapat diperbolehkan dengan memperhatikan ketentuan. Pelaksanaan kegiatan konstruksi beroperasi 100 persen.

Tempat ibadah masjid, mushola, gereja, pura, vihara dan klenteng serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah ditutup sementara. Kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan ditutup sementara. Destinasi wisata, usaha wisata seperti tempat hiburan, karaoke, warnet, game online, bioskop, tempat olahraga dan kegiatan usaha sejenis lainnya sementara ditutup. (Mam)

BERITA REKOMENDASI