Pembuatan Paspor Tanpa Pungli di Imigrasi Solo

SOLO, KRJOGJA.com – Dalam rangka Hari Bakti Imigrasi ke 68, kantor Imigrasi Kelas I Surakarta  membuka layanan Walk-In Paspor Elektronik di Mall Solo Square, Jalan Slamet Riyadi,  Solo, Minggu (7/1/2018).

"Kami canangkan pembuatan paspor secara cepat beayanya Rp 355.000. Langsung bayar di loket perbankan . Bila ada petugas kami yang melakukan pungli (pungutan liar) laporkan, bakal kami tindak tegas,"ujar Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa Tengah Ramli HS didampingi  Kepala  Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Surakarta Santosa , saat menggelar layanan pembuatan paspor walk in di mall Solo Square, Minggu (07/01/2018).

Ramli  mengatakan layanan pembuatan paspor walk in (pemohon datang sendiri.Red) di mall ini merupakan inovasi peningkatan layanan pihak Imigrasi untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 
"Dengan layanan ini diharapkan masyarakat semakin nyaman dalam proses pembuatan  paspor tersebut. Harinya dipilih pada hari Minggu agar pemohon paspor yang bekerja tidak perlu ijin dari kantornya, demikian pula dengan buka layanan stan di mall secara mobile, agar saat nunggu antrean bisa sambil makan, belanja, atau pun melakukan aktivitas lainnya di mall," ujar Ramli HS.

Diakui oleh Ramli dan Santosa , antusiasme masyarakat Solo Raya terhadap program pembuatan paspor secara mobile ini cukup  besar. "Terbukti masyarakat sudah melakukan antre sebelum layanan dibuka . Bahkan tidak hanya warga dari Solo Raya, tadi ada warga dari Yogyakarta yang ikut antri saat mengetahui ada pelayanan pembuatan paspor,"tutur Ramli.

Ramli menambahkan regulasi di Imigrasi warga pembuatan paspor tidak hanya dari daerah dimana kantor Imigrasi berada namun bisa juga melayani dari warga dari daerah lain di   Indonesia,  namun diarahkan pembuatan untuk paspor secara on line (daring). (Hwa)

BERITA REKOMENDASI