Pemda Karanganyar: Jangan Pasung Penderita Gangguan Jiwa

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karanganyar menjamin biaya pengobatan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Masyarakat diminta melaporkan adanya pasien agar segera ditangani. Diharapkan, jangan ada lagi stigma negatif bagi keluarganya.
Hal itu disampaikan Bupati Karanganyar Juliyatmono saat meresmikan kampanye Sehat Jiwa melalui Desa/Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (DSSJ), Kamis (4/11/2021). Sasaran kampanye ini perangkat kelurahan/desa sampai kecamatan yang didukung nakes.
“Pemerintah mendukung penuh kampanye ini. Juga disiapkan anggaran untuk membantu keluarga pasien mengobatkannya,” katanya.
Dengan dukungan anggaran dari pemerintah, keluarga pasien tak perlu khawatir biaya pengobatan. Jangan sampai pasien dibiarkan saja apalagi dipasung. Cara tersebut justru makin membuat parah kondisi pasien.
Kampanye itu tidak hanya membantu masyarakat menangani ODGJ secara tepat. Namun juga mengantisipasi muncul pasien baru. Langkah paling sederhana dengan menjaga kondisi psikologis seseorang.
“Sehat bergembira produktif menyenangkan. Kita terapi dengan senyuman,” katanya.

BERITA REKOMENDASI