Pemicu Stres Nakes Lebih Tinggi, Berisiko Serangan Jantung dan Komplikasi Organ Vital

Editor: Ary B Prass

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Karanganyar Kristanto Setyawan mengakui tingkat stres tinggi dokter, perawat dan pegawai RSUD di awal pandemi. Untungnya, mereka tidak sampai harus dirawat inap apalagi meninggal dunia karena gagal ginjal, serangan jantung, dan sebagainya.
“Kita menerapkan shift bergilir ruang isolasi. Apapaun keluhan nakes, kita tindaklanjuti. Ada juga konseling dari ahli kejiwaan. Kita tahu betapa berat beban tugas dan psikologis nakes,” katanya.
Sementara itu dalam rangka HKN digelar berbagai kegiatan antara lain lomba antar bidang di Dinas Kesehatan, pemeriksaan kolesterol pada pekerja informal, pemilihan pengelola pot dan pelayanan farmasi terbaik, pemilihan pengelola sipnap terbaik, juga dilakukan bakti sosial pemberian vaksin covid-19 dengan sasaran 500 pada usia 12+ di Pendopo Rumah Dinas kemudian pembentukan Forum Komunikasi germas tingkat kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia yang tergabung dari berbagai institusi yaitu dinas kesehatan, Puskesmas, faskes klinik maupun rumah sakit swasta dan organisasi profesi tenaga kesehatan di Kabupaten Karanganyar dengan pembiayaan didukung bersama-sama dalam penyelenggaraan. (Lim)

BERITA REKOMENDASI