Pemkab Kaji Ulang Renovasi Underpass Makamhaji

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Pemkab Sukoharjo berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Dirjen Perkeretaapian terkait perbaikan underpass Makamhaji di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura. Perhitungan anggaran sekarang sedang dilakukan dan sepenuhnya menjadi kewenangan pusat. Teknis perbaikan nanti akan menggunakan dua alternatif sistem berupa penutupan separuh jalan atau total ditutup sepenuhnya untuk mempercepat pelaksanaan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Rabu (17/2), mengatakan, pemerintah pusat sudah menyatakan rencana kesanggupan melakukan perbaikan underpass Makamhaji, Kartasura. Koordinasi masih terus dilakukan melalui Dirjen Perkeretaapian terkait anggaran dan teknis pelaksanaan perbaikan.

Rencana perbaikan tersebut sudah disampaikan pemerintah pusat ke Pemkab Sukoharjo. Namun mengenai kepastiannya masih menunggu hasil koordinasi lanjutan melalui rapat bersama nanti.

“Rencananya underpass Makamhaji, Kartasura akan diperbaiki atau dibangun ulang. Sekarang masih terus dikoordinasikan Pemkab Sukoharjo dengan pemerintah pusat melalui Dirjen Perkeretaapian dan dihitung kebutuhan berapa anggarannya,” ujarnya.

Dalam koordinasi tersebut meliputi perhitungan pemenuhan kebutuhan anggaran, teknis bangunan dan waktu pelaksanaanya. Keterlibatan Pemkab Sukoharjo dilakukan mengingat bangunan underpass Makamhaji, Kartasura berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo.
“Kerusakan di underpass Makamhaji, Kartasura sangat banyak dan perlu segera diperbaiki. Nanti dilakukan pengecekan oleh pemerintah pusat termasuk nanti melibatkan kementerian terkait dan Pemkab Sukoharjo juga ada didalamnya,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI