Pemkab Karanganyar Usulkan 250 Formasi CPNSD

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemkab Karanganyar mengajukan 250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) 2018 ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk mengisi tenaga guru, paramedis dan jabatan fungsional umum. Dari sisi anggaran, disiapkan belanja perekrutan CPNSD Rp 800 juta.

"Kami sudah mengirim kebutuhan formasi 250 (ke Kemenpan RB). Hasil rapat terakhir, mereka yang direkrut disertai parameter BUP (batas usia pensiun). Di tiga formasi yang diajukan kebutuhannya, diasumsikan terjadi zero growth," kata Sekda Pemkab Karanganyar, Samsi kepada KRJOGJA.com, Senin (28/05/2018).

Dalam pemaparannya ke pemerintah pusat, Pemkab Karanganyar kehilangan 500-an tiap tahun dalam empat tahun terakhir karena pensiun. Meski demikian, keputusan perekrutan di tangan pemerintah pusat yang didasari pertimbangan tidak sederhana, utamanya kemampuan keuangan dalam membiayai para abdi negara itu. 

Samsi mengatakan, terdapat kemungkinan perekrutan CPNSD dibatalkannya meski pemerintah pusat menyetujui usulan daerah.  "Jumlah pensiun capai 2 ribu. Kalaupun disetujui, 250 orang itu seperempatnya saja enggak sampai. Nah, informasinya pemerintah pusat juga menyelenggarakan CPNS di lingkup kementrian." 

"Bisa jadi jatah tiap daerah diambil untuk memenuhi kebutuhan pusat. Tidak sedikit Pemda yang akhirnya batal menggelar perekrutan karena hanya dapat sisa sedikit dari kebutuhan. Bisa-bisa rugi di cost penyelenggaraan misalnya hanya dapat jatah formasi 100 orang," lanjutnya. 

Di APBD 2017, dianggarkan belanja perekrutan CPNSD Rp 800 juta dengan asumsi membayar konsultan ujian berikut penyenggaraan sistem CAT (computer assisted test). (Lim)

BERITA REKOMENDASI