Pemkab Siapkan Desain Penyeberangan Orang

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Pemkab Karanganyar mengkaji sejumlah opsi sistem penyeberangan orang di Jalan Lawu, diantaranya pedestrian light control (pelican) crossing dan markah pendukung. Hasil kajian akan diterapkan pada awal Januari 2017. 

Kepala Seksi Pengawasan Jalan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar Bambang Prasetyo mengatakan telah memetakan titik ramai penyeberangan pejalan kali di ruas Jalan Lawu. Diantaranya depan kantor Kejaksaan Negeri (Kejari), timur kantor Satlantas dan kawasan pendidikan depan Jetu. 

"Di masa sosialisasi ini, kami mendapat banyak masukan tentang penyeberangan pejalan kaki di jalan Lawu. Hal itu sudah disiapkan solusinya, namun perlu pengkajian jenis apa yang paling sesuai. Ada opsi pelican crossing, marka atau malah jembatan penyeberangan orang (JPO). Semuanya akan diputuskan pada 2017. Semoga bisa di awal Januari nanti," ujar Bambang, Minggu (25/12/2016).

Terkait opsi pelican crossing, Dishubkominfo mengacu pada perangkat itu yang lebih dahulu dipasang di Solo. Dibutuhkan pengertian dan toleransi tinggi dari pengemudi kendaraan guna memprioritaskan pejalan kaki menyeberang, karena pelican crossing berada biasanya bukan pada persimpangan jalan, tapi di ruas ramai penyeberangan orang. (R-10)

BERITA REKOMENDASI