Pemkab Siapkan Lahan Makam Baru

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Pemkab Karanganyar menyiapkan dua lokasi Tempat Permakaman Umum (TPU) di wilayah Gondangrejo. Pembukaan TPU tersebut di wilayah perbatasan diharapkan membantu problem minimnya lahan makam dari kabupaten/kota tetangga.

"Nantinya dipersilakan warga Karanganyar maupun Kota Solo menguburkan jenazah anggota keluarganya di situ. Sepertinya kapasitas TPU di Solo juga sudah overload," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, Senin (05/09/2016).

Menurut Sri Jawoto dari dua lokasi TPU yang akan dibuka di Gondangrejo, satu diantaranya di Desa Dayu yang mudah diakses warga Sragen dan Solo. Adapun operasionalnya menunggu penyertifikatan tanah milik Pemkab itu dari pendanaan APBD perubahan. Terkait kontribusi penggunaan fasilitas TPU, Titis memastikan pungutan retribusi sesuai Perda, yakni Rp 200 ribu per badan untuk warga ber-KTP Karanganyar. Sedangkan di luar Karanganyar ditarik pungutan lebih tinggi, meski besarannya terpaut tak terlalu mahal dengan warga sendiri.

Selain dua TPU tersebut, Pemkab memiliki lahan makam di lokasi lain yang masih mampu menampung jenazah hingga puluhan tahun ke depan. Total luas lahan 3 hektare tersebar di Jaten, Munggur, Mojogedang, Gayamdompo dan dua TPU di Jumantono. Hanya saja, penyediaan fasilitas umum itu tidak banyak diminati penduduk setempat.

“Di TPU Munggur yang dibuka 2014 hingga sekarang baru diisi 14 badan dari kapasitas seribuan lubang kubur. Beberapa yang sudah digali terpaksa ditutup lagi menunggu isian baru,” katanya. (R-10)
 

BERITA REKOMENDASI