Pemkab Sukoharjo Kosentrasikan Dana Desa Untuk Infrastuktur

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pemkab Sukoharjo kosentrasikan penggunaan dana desa untuk perbaikan infrastruktur di desa baik berupa jalan, talud maupun saluran irigasi. Hal itu dilakukan untuk menunjang kebutuhan masyarakat termasuk meningkatkan hasil panen padi dan tercapainya target swasembada pangan.

 

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (12/9) mengatakan, dana desa sudah dicairkan dan diterima pihak desa. Pada pencairan tahap pertama ini diharapkan seluruh desa bisa melaksanakan pembangunan khususnya berkaitan infrastruktur seperti jalan, talud dan saluran irigasi. Pembangunan dimaksudkan untuk melancarkan aktifitas masyarakat. Selain itu juga penunjang untuk meningkatkan hasil pertanian.

Pemkab Sukoharjo kosentrasi terhadap perbaikan kondisi talud dan saluran irigasi karena mayoritas wilayahnya merupakan lahan pertanian. Karena itu perlu diberikan penunjang bagi petani agar hasil panennya bisa maksimal. “Terpenuhinya kebutuhan air untuk sawah maka petani juga bisa panen melimpah. Dengan demikian maka target swasembada pangan dari pemerintah bisa tercapai. Karena itu maksimalkan penggunaan dana desa untuk kesejahteraan desa seperti pembangunan jalan, talud dan saluran irigasi,” ujar Wardoyo Wijaya.

Dalam perbaikan tersebut Pemkab Sukoharjo mempersilahkan pihak desa dengan melibatkan sejumlah pihak. Termasuk dari aparat Kodim dan Polres Sukoharjo untuk membantu mengerahkan tenaga agar proses perbaikan bisa cepat selain. Selain itu keberadaan aparat juga bisa membantu dari sisi pengawasan penggunaan dana agar tidak terjadi penyelewengan.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo sudah mengerahkan anggota untuk membantu baik dalam pembangunan maupun pengawasan langsung penggunaan dana desa. Kodim 0726 Sukoharjo juga memberikan dukungan penuh penggunaan dana desa untuk peningkatan infrastruktur di desa salah satunya yakni perbaikan saluran irigasi. “Kami sudah membantu perbaikan saluran irigasi disejumlah titik. Diharapkan petani bisa dengan mudah mendapat air dan hasil panennya melimpah,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI