Pemkab Sukoharjo Minta Pusat Putuskan Pengelolaan Makam Pracimaloyo dan Daksinoloyo

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo meminta pada pemerintah pusat untuk segera mengambil sikap menyelesaikan masalah pengelolaan dua tempat pemakaman umum (TPU) yakni Pracimaloyo di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura dan Daksinoloyo di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol. Sebab hingga sekarang tempat tersebut masih menjadi rebutan dengan Pemkot Solo. Pemkab Sukoharjo sendiri akan melayangkan kembali surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Jumat (27/9) mengatakan, masalah belum jelasnya status pengelolaan TPU Pracimaloyo di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura dan Daksinoloyo di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol sudah sangat lama ditunggu. Sebab pemerintah pusat sejak beberapa tahun terakhir belum memberikan jawaban tegas. Kondisi tersebut membuat Pemkab Sukoharjo akan kembali melayangkan surat ke Kemendagri.

Dalam surat tersebut nantinya Pemkab Sukoharjo akan meminta pada pemerintah pusat segera bersikap tegas mengambil keputusan. Hal itu penting untuk mempertegas siapa pengelola sah dua makam. Terlebih jawaban tersebut sudah sangat diharapkan.

"Segera kami layangkan kembali surat ke Kemendagri. Kami harap pemerintah pusat segera menyelesaikan masalah dengan mengambil sikap tegas pengelola sah dua makam," ujarnya.

Masalah muncul karena lokasi dua TPU masuk berada di Kabupaten Sukoharjo yakni di Kecamatan Kartasura dan Kecamatan Grogol. Namun Pemkot Solo juga mengklaim sebagai pengelola berdasarkan sejarah kedua makam sebagai peninggalan pada masa kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pemkab Sukoharjo melihat masalah tersebut harus diselesaikan secepatnya. Apabila dibiarkan justru akan menjadi persoalan lebih rumit dikemudian hari. Sebab tanah makam akan menjadi rebutan kedua pemerintah daerah. Terlebih lagi bagi masyarakat untuk memakamkan warga yang meninggal.

"Pemkab Sukoharjo optimis pengelolaan kedua makam akan kami tangani. Sebab dilihat letak geografis berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo," lanjutnya.

Ketua DPRD Sukoharjo sementara Wawan Pribadi menambahkan, pengelolaan makam Pracimaloyo di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura dan Daksinoloyo di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol memang belum ada kejalasan. Dewan berharap masalah segera terselesaikan dan pemerintah mengambil keputusan tegas.

DPRD Sukoharjo melihat pengelolaan kedua makam seharusnya bisa ditangani Pemkab Sukoharjo. Terlebih lagi lokasi makam semua berada di wilayah Sukoharjo.

"DPRD Sukoharjo mendukung langkah Pemkab Sukoharjo dengan meminta kejelasan pemerintah pusat dalam pengelolaan makam Pracimaloyo di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura dan Daksinoloyo di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol," ujarnya. (Mam)

 

 

BERITA REKOMENDASI