Pemkab Sukoharjo Siapkan Damkar di Kartasura

SUKAHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo berencana merealisasikan penambahan posko penanganan kebakaran dengan membuka kantor cabang baru di wilayah Kecamatan Kartasura tahun ini guna mempercepat penanganan kebakaran di wilayah utara Sukoharjo. Tempat yang diincar yakni kantor UPTD Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Kecamatan Kartasura. 

Sekretaris Daerah Sukoharjo Agus Santosa, Rabu (20/06/2018) mengatakan Pemkab Sukoharjo sudah lama merencanakan melakukan penambahan kantor cabang sebagai posko penempatan mobil pemadam kebakaran untuk mempercepat penanganan kebakaran di wilayah Sukoharjo utara meliputi Kecamatan Baki, Gatak dan Kartasura. Ketiga wilayah tersebut rawan terjadi kebakaran karena banyak tempat usaha dan industri. 

Menurut Sekda selama ini penanganan kebakaran diketiga wilayah selalu mengandalkan kiriman mobil pemadam kebakaran dari Sukoharjo. Karena faktor jarak dan kepadatan arus lalu lintas kendaraan membuat mobil pemadam kekabaran membutuhkan waktu lama sampai tiba dilokasi kebakaran.

"Dengan adanya penambahan kantor cabang atau posko tambahan diharapkan penanganan kebakaran menjadi lebih cepat. Sebab sudah ada mobil pemadam kebakaran yang ditempatkan di Kartasura untuk mempercepat pemadaman api," katanya.

Sekda menjelaskan  penambahan posko penanganan kebakaran juga dilakukan Pemkab Sukoharjo karena banyaknya desakan dari masyarakat. Pemkab Sukoharjo sudah mengakomodir usulan tersebut sejak setahun terakhir dan segera direalisasikan tahun ini.

"Penambahan posko sebagai kantor cabang atau tambahan penempatan mobil pemadam kebakaran untuk mempecepat penanganan kebakaran di Sukoharjo utara tetap akan kami lakukan sampai akhir tahun ini selesai," ujar Agus Santosa.

Persiapan sudah dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan penyediaan kelengkapan penanganan kebakaran. Salah satunya mobil pemadam kebakaran dan perlengkpan yang dibutuhkan lainnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI