Pemkab Sukoharjo Siapkan Pensertifikatan Jalan

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Jalan di Sukoharjo khususnya milik daerah akan disertifikasi. Pensertifikatan jalan dilakukan sebagai bagian dari pendataan aset. Rencana tersebut masih akan dikerjakan dalam beberapa tahun kedepan menunggu penyelesaian pensertifikatan tanah milik masyarakat dalam program Prona dan Proda lebih dulu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, Selasa (5/9) mengatakan, adanya program pensertifikatan jalan diketahui dari Badan Petanahan Nasional (BPN) Sukoharjo. Program tersebut sangat bagus sebagai bagian dari pendataan aset.

Pensertifikatan jalan dikatakan Suraji dari informasi BPN Sukoharjo sudah berjalan disejumlah daerah. Hal itu dilakukan juga karena daerah menjalankan program pemerintah. Jalan milik daerah perlu mendapat sertifikat demi kelengkapan data aset. Selain itu juga menghindari terjadinya masalah berupa sengketa dengan masyarakat.

“Apapun bentuknya tanah harus punya sertifikat demi kejelasan status. Tanah itu milik siapa, termasuk jalan harus jelas milik siapa,” ujar Suraji.

Untuk melakukan pensertifikatan jalan nantinya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo perlu melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. Seperti dari BPN Sukoharjo, bagian aset dan petugas terkait lainnya. “Mana saja jalan milik daerah harus kami koordinasikan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Bagian aset yang tahu,” lanjutnya.

Jalan mana yang akan disertifikatkan, Suraji mengatakan masih belum mengetahuinya. Namun yang jelas statusnya milik daerah atau kabupaten sebagai kewenangan Pemkab Sukoharjo. Sedangkan jalan lainnya diserahkan ke pihak berwenang.
“Pensertifikatan tanah masih belum kami kerjakan. Mungkin setelah 2018 atau 2019. Kami sekarang masih kosentrasi menyelesaikan pensertifikatan tanah masyarakat dalam Prona dan Proda,” lanjutnya.

Kepala BPN Sukoharjo Dwi Purnama mengatakan, sertifikat tanah tidak hanya untuk tanah saja, melainkan juga jalan. Program pensertifikatan jalan sudah dijalankan disejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan di Sukoharjo sama sekali belum dilakukan dan harus didorong untuk segera dikerjakan.

“Status jalan juga harus jelas itu milik siapa termasuk sertifikatnya,” ujarnya.

BPN Sukoharjo dijelaskan Dwi Purnama siap membantu Pemkab Sukoharjo dalam merealisasikan pensertifikatan tanah. Jalan yang akan mendapat sertifikat yakni milik daerah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI