Pemkab Sukoharjo Tunggu Keputusan Pengelolaan Underpass Makamhaji

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Penyerahan pengelolaan Underpass Makamhaji, Kartasura sedang diproses dan tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pemkab Sukoharjo siap menerima pengelolaan Underpass Makamhaji, Kartasura dengan syarat kondisi sepenuhnya baik dan sudah tidak ada kerusakan. Sebab sebelumnya banyak ditemukan kerusakan parah dan baru saja dilaksanakan perbaikan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Perbaikan dilakukan berupa pembersihan saluran air, pemasangan penutup saluran air dan pengaspalan ulang jalan secara menyeluruh.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Jumat (19/3) mengatakan, Underpass Makamhaji, Kartasura sejak dibangun tahun 2012 hingga digunakan sekarang tahun 2021 pengelolaan sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Pemkab Sukoharjo tidak memiliki kewenangan karena belum ada penyerahan pengelolaan. Pemkab Sukoharjo hanya membantu pemerintah pusat berkaitan dengan pemeliharaan kecil meski bukan menjadi kewenangan penuh karena bangunan Underpass Makamhaji, Kartasura berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Belum adanya penyerahan kewenangan pengelolaan membuat setiap kerusakan di Underpass Makamhaji, Kartasura wajib diperbaiki pemerintah pusat. Perbaikan secepatnya harus dilakukan mengingat banyak keluhan dari masyarakat.

Pemkab Sukoharjo siap sepenuhnya menerima kewenangan pengelolaan Underpass Makamhaji, Kartasura apabila sudah ada penyerahan dari pemerintah pusat. Pengelolaan dilakukan dengan syarat kondisi Underpass Makamhaji, Kartasura dalam kondisi sepenuhnya baik dan sudah tidak ada kerusakan lagi.

“Kondisi Underpass Makamhaji, Kartasura harus sepenuhnya baik dan tidak ada kerusakan. Pemkab Sukoharjo baru siap menerima penyerahan kewenangan pengelolaan dari pusat,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat berkaitan dengan kondisi fisik yang rusak dan harus diperbaiki dan persiapan penyerahan kewenangan pengelolaan. Pemkab Sukoharjo nantinya tidak ingin menerima penyerahan kewenangan pengelolaan Underpass Makamhaji, Kartasura dalam kondisi rusak parah.

BERITA REKOMENDASI