Pemkab Tagih Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional di Karanganyar

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Sejumlah proyek nasional di Kabupaten Karanganyar menanti dikerjakan. Diantaranya revitalisasi Pasar Kwadungan, Sub Terminal Agrobisnis Kabupaten Karanganyar serta Pengembangan Olahraga dan Rekreasi Bumi Perkemahan Delingan.

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, UKM Kabupaten Karanganyar mengatakan Pemkab telah menyusun detail engineering design (DED) tiga proyek tersebut. Ia menyebut tiga proyek itu berada di perencanaan usaha percepatan pembanguan ekonomi kawasan Jawa Tengah berdasarkan Peraturan Presiden No. 79 Tahun 2019. Di dalamnya memuat rencana 270 proyek dengan total nilai Rp 353 triliun yang berada di kawasan Ekonomi Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan.

“Pekan lalu baru dicek BPKP semuanya. Termasuk luasan tanah, dan lain lain. Ya sudah mau ditindak lanjuti di tingkat kementerian. Yaitu Kementerian Perdagangan untuk segera dilanjutkan prosesnya,” ujar Martadi, Sabtu (24/7).

Disampaikan Martadi, nilai revitalisasi Pasar Kwadungan mencapai Rp 50 miliar dari APBN dan dengan dana pendampingan APBD. Secara desain, tidak ada perubahan seperti usulan Pemkab yang diberikan kepada pusat pada tahun 2018 lalu. Namun demikian, ke depan, sangat mungkin ada perubahan DED dan sebagainya. Martadi mengaku saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pedampingan dan persiapan lahan yang akan dijadikan sebagai pasar darurat. Jika nantinya proyek tersebut tahun ini dijalankan oleh pemerintah pusat.

“Karena akan menyesuaikan dengan anggaran sekarang, Kan itu usulan beberapa tahun lalu yang mencapai Rp 50 miliar yang dikhususkan untuk pembangunan infrastruktur pasar. Sepertinya tidak terkena refocusing,” kata Martadi.

BERITA REKOMENDASI