Pemkab Wonogiri Belum Akan Terapkan Karantina Pemudik

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Pemerintahan Kabupaten Wonogiri memutuskan belum perlu menyiapkan karantina bagi pemudik yang datang ke daerah itu. Selain tidak memiliki tempat representatif untuk menampung angka penudik yang mencapai sekitar 35 ribu jiwa, sebagai solusi para pemudik diimbau menjalani karantina mandiri di rumah keluarga masing-masing.

“Kalau puluhan ribu pemudik ditampung dalam satu tempat apa tidak malah bahaya, kami tidak cocok dengan instruksi Pemkab harus menyiapkan karantina untuk pemudik,” ungkap Bupati Wonogiri Joko Sutopo di pendopo rumdin, Rabu (08/04/2020).

Menurutnya penanganan kasus Covid 19 atau Corona idealnya diserahkan sesuai kondisi daerah masing-masing. Pemkab Wonogiri tidak perlu tempat khusus untuk mengkarantina pendatang khusus warga perantau yang mudik.

“Sosialisasi kami melalui Gugus Tugas Kabupaten hingga camat dan desa maupun RT/RW tentang bahaya virus sudah ampuh untuk mengatasi dampak Corona,” tutur dia sembari menyebutkan mengumpulkan 35.000 orang pemudik dalam satu tempat justru rentan penyebaran virus Covid-19.

Menjawab pertanyaan terkait data terakhir warga Wonogiri yang terdampak virus Corona, Bupati Joko menyebutkan ada 30 warga masuk kategori PDP. Dengan penanganan para medis yang tak kenal lelah dari 30 PDP itu tinggal 19 orang PDP. Artinya, kata Joko, 11 orang kini naik status menjadi ODP atau orang dalam pengawasan bersama 191 ODP lainnya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI