Pemkab Wonogiri Beri Sinyal Obwis Bisa Beroperasi

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRjogja.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengisyaratkan pihaknya akan membuka kembali obyek wisata di daerahnya pasca diturunkannya level PPKM dari 3 ke 2. Selain itu, aturan bagi warga yang menggelar hajatan juga akan dilonggarkan sedikit demi sedikit.

“Kalau selama ini pelaksanaan ijab harus dilakukan di balai nikah KUA, sebentar lagi boleh (dilangsungkan) di rumah,” tandasnya kepada wartawan usai pelantikan pejabat di Graha Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rabu (6/10).

Menurut dia jika obyek wisata dibuka akan ada pemberitahuan resmi. Pihaknya bakal segera berkoordinasi dengan pihak yang berkepentingan, salah satu keperluannya menyiapkan aspek-aspek yang ditekankan ketika obyek wisata beroperasi.

“Jangan sampai terjadi saat (obyek wisata) dibuka, malah abai protokol kesehatan, terjadi kerumunan dan sebagainya. Ini juga perlu komitmen bersama termasuk dari pengelola obyek wisata,” tandas Bupati.

Ada sejumlah 46 obyek wisata di daerahnya yang ditutup. Jumlah itu merupakan akumulasi destinasi wisata yang dikelola Pemkab maupun pihak lain seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Khusus obyek wisata yang dikelola Pemkab ada enam, meliputi Waduk Gajah Mungkur (WGM), Pantai Sembukan Kecamatan Paranggupito, Bumi Kahyangan Dlepih Tirtomoyo, Air Terjun Setren Girimanik Slogohimo, Gua Putri Kencono dan Museum Karst Pracimantoro.-(Dsh)

BERITA REKOMENDASI