Pemkab Wonogiri Serahkan ‘Tongkat Pintar’ untuk Pelajar Difabel Netra

Editor: Ary B Prass

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Pemkab Wonogiri melalui Dinas Sosial  (Dinsos) menyerahkan bantuan tongkat pintar kepada belasan pelajar penyandang difabel netra di daerahnya, Kamis (21/4/2022). Sesuai namanya dengan tongkat elektrik yang dilengkapi  sensor  tersebut mereka bisa lebih aman dan  nyaman ketika di jalan menghadapi rintangan ataupun hal yang membahayakan.
“Semisal saat mereka berjalan kok di depannya ada api maupun kubangan air maka tongkat langsung berbunyi memberi peringatan sehingga si  pemakai (tongkat) aman,” kata Kepala Dinsos Wonogiri Kurnia Listyarini kepada wartawan usai acara penyerahan tongkat pintar di depan Bupati Wonogiri Joko Sutopo.
Menurut Kurnia, untuk sementara ada 17 anak penyandang difabel netra yang juga murid SLB yang mendapat bantuan. “Karena fungsinya yang sangat membantu itu tadi Pak Bupati malah menyatakan akan membantu seluruh  anak yang mempunyai masalah yang sama, jumlahnya total ada 152 anak,” ujar Kurnia sembari menambahkan tongkat pintar senilai Rp 2,5 juta itu  didatangkan dari Yogyakarta.
Di tempat yang sama, Dinsos bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonogiri menyerahkan  paket sembako kepada 60 anggota Ikatan Difabel Muslim Indonesia (IDMI) setempat. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI