Pemkot Siap Fasilitasi Hajat Mantu Presiden Jokowi

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersiap memfasilitasi perhelatan mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digelar 8 November mendatang. Fasilitasi diantaranya meliputi penyediaan areal parkir, pengaturan arus lalu lintas, penyediaan kendaraan feeder

dari areal parkir ke gedung Graha Sabha Buana -tepat respesi pernikahan Kahyang Ayu dengan Bobby Nasution-, pengamanan, dan sebagainya.

Sejauh ini Pemkot Solo belum mengambil langkah apapun, jelas walikota FX Hadi Rudyatmo, menjawab wartawan, di Balaikota, Senin (18/9), sebab masih menunggu permintaan dari keluarga Jokowi. "Nanti kalau Pak Jokowi sudah kontak, Mas, tulung dibantu, baru bergerak," ujarnya sembari menyebut hal serupa juga pernah dilakukan ketika Presiden Jokowi menikahkan puteranya Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda beberapa tahun silam.

Resepsi pernikahan Kahyang Ayu dengan Bobby Nasution, menurut pria yang akrab disapa Rudy ini, sebenarnya sederhana saja, tetapi tamu-tamu yang hadir dipastikan istimewa dalam kapasitasnya sebagai pejabat ataupun tokoh nasional. Karenanya, tanpa diminta keluarga sekalipun, sebenarnya Pemkot wajib memfasilitasi kepada para tamu penting, sehingga perhelatan mantu Presiden Jokowi itu sendiri dapat berlangsung dengan lancar.

Dari sisi arus lalu lintas misalnya, diperlukan pengaturan secara khusus, terkait volume kendaraan, terutama di sekitar gedung Graha Sabha Buana akan meningkat tajam, dan sebagian diantaranya merupakan kendaraan yang membawa tamu-tamu penting. Demikian halnya, kantong-kantong parkir mesti dipersiapkan secara matang, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di sekitar lokasi perhelatan. Rencananya, kantong-kantong parkir akan memanfaatkan beberapa lapangan di kawasan Sumber, yang beberapa diantaranya berjarak sekitar satu kilometer.

Dari kantong parkir menuju gedung perhelatan, rencananya akan disediakan angkutan feeder

berupa becak, dan seluruh pengemudi mengenakan kostum bermotif lurik disertai blangkon. "Tergantung permintaan Pak Jokowi nanti bagaimana, kalau misalnya menginginkan angkutan feeder

berupa andong, akan disiapkan sesuai kebutuhan," ujar Rudy sembari menyebut, sementara ini persiapan pernikahan Kahyang Ayu – Bobby Nasution, masih berada pada ranah keluarga.

Rudy menilai, perhelatan itu sendiri akan memberi manfaat secara langsung kepada warga Solo, terkait kehadiran para tamu dari luar kota. Setidaknya, hal itu akan memberikan keuntungan kepada warga yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa, seperti perhotelan, persewaan mobil, kuliner, batik, cinderamata dan sebagainya. (Hut)

BERITA REKOMENDASI