Pemkot Solo Akifkan Lagi Program Kesehatan

SOLO (KRjogja.com) – Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS)  seri silver yang dihentikan sejak tahun lalu terkait pemberlakuan sistem Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial BPJS) kesehatan, akan diaktifkan lagi.  Sebab, banyak warga berkategori rentan miskin yang semula ter-cover PKMS seri silver, tak lagi memiliki perlindungan jaminan kesehatan

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo  menjelaskan sebenarnya Pemerintah Kota (Pemkot Solo) sudah mengantisipasi penghapusan PKMS seri silver dengan mengalokasikan bantuan sosial (bansos) kesehatan. Hanya saja, mekanisme pencairan bansos kesehatan relatif rumit kerena harus mengajukan klaim dengan melampirkan rekening pembiayaan dari rumah sakit. Ditambah verifikasi lapangan, baru diterbitkan persetujuan walikota.

"Berbeda dengan sistem PKMS ketika pemegang kartu PKMS menderita sakit, tinggal menunjukkan kartu untuk memperoleh layanan kesehatan. Untuk warga miskin yang dulu ter-cover PKMS seri gold, menurutnya, tak jadi persoalan, sebab mereka telah menjadi peserta BPJS dengan pembayaran premi atas tanggungan Pemkot Solo.

Walikota menjelaskan sejak awal Pemkot Solo sudah mengkhawatirkan nasib warga rentan miskin yang tidak bisa di-cover BPJS karena kendala regulasi hingga Pemkot Solo menyiasati dengan menganggarkan bansos kesehatan. (Hut)

BERITA REKOMENDASI