Pemkot Solo Bakal Kembali Gelar Car Free Day

SOLO, KRJOGJA.com – Kegiatan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor bakal kembali digelar oleh pemerintah kota (pemkot) Solo pada Minggu (15/5/2022), mendatang. Langkah berani Pemkot Solo mengaktifkan kembali CFD yang telah selama dua tahun vakum lantaran adanya tren penurunan angka kasus Covid-19.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan berdasarkan rapat evaluasi COVID-19 pasca Lebaran telah ditentukan adanya pelonggaran aktivitas sesuai aturan PPKM Level 2. Salah satunya adalah mengoperasionalkan kembali CFD pada pertengahan bulan Mei ini.

“Untuk CFD kita buka lagi pada 15 Mei atau Minggu akhir pekan ini,” ujar Gibran di Balai Kota, Selasa (10/5/2022)

Putra sulung Jokowi ini menyebutkan kembali digelarnya CFD bakal dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo. Sementara untuk teknis pelaksanaan diatur Dinas Perhubungan (Dishub).

“Dishub Solo yang mengatur teknisnya. Yang jelas tidak ada perubahan signifikan dalam CFD sebelumnya,” sebutnya.

Wali Kota Solo Gibran mengatakan tak ada perubahan dalam pelaksanaan CFD kali ini. PKL juga masih boleh berjualan tetapi tidak di city walk maupun jalur lambat. Pasalnya, dua titik tersebut tetap akan difungsikan untuk pejalan kaki bukan untuk berjualan.

“Nanti ada zonasi pedagang biar pedagang tidak memenuhi jalur lambat atau city walk. Nanti yang jualan makanan tak arahkan masuk ke parkiran Loji Gandrung atau masuk, misalnya ke parkiran bank atau Graha Wisata,” ucap Gibran.

BERITA REKOMENDASI