Pemulasara Jenazah Covid-19 Dapat Paket Sembako Korpri

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Bantuan sembako dari Korpri Kabupaten Karanganyar menyasar 700 penerima dari kalangan relawan pemulasara jenazah, petugas penyemprot disinfektan, penyapu jalan dan pemungut sampah. Tiap paket senilai Rp100 ribu berisi beras, minyak goreng, gula pasir dan sebagainya.

Bantuan tersebut disalurkan langsung Ketua Korpri Karanganyar, Sutarno didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) pada Jumat (30/07/2021). “Ini merupakan gelombang kedua pemberian sembako ke mereka yang terdampak Covid-19. Pada tahun lalu terkumpul Rp2 miliar lalu dibelanjakan sembako. Nah, tahun ini kembali didonasikan dari sebagian penghasilan para ASN. Ada 700 paket yang dibagikan,” kata Sutarno.

Pria yang juga menjabat Sekda Kabupaten Karanganyar ini mengatakan sengaja memprioritaskan sasaran bantuan ke sukarelawan yang saat ini berkutat penanganan Covid-19. Rombongan menyerahkan paket tersebut ke tim pemulasara jenazah RSUD Karanganyar seta BPBD. Kemudian baru menyasar ke pegawai pemerintah non PNS di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) seperti penyapu jalan dan pengangkut sampah.

“Persiapannya sebentar. Hanya dua sampai tiga hari saja. Tidak ada batasan berapa harus iuran. Seikhlasnya. Stelah dikumpulkan di bendahara Korpri, langsung dibelanjakan sembako,” katanya.

Iuran ASN yang tergabung di Korpri bersifat sukarela. Ia selaku Sekda tidak menerbitkan surat edaran mengenai pengumpulan iuran.

Sementara itu SAR Kabupaten Karanganyar menggandeng sejumlah tim relawan se-Kecamatan Karangpandan dan Ngargoyoso untuk mendistribusikan berbagai macam sayur dari para petani dan pedagang pasar di kecamatan tersebut. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak Covid-19 yang kini tengah melakukan isolasi mandiri (isoman).

Wakil Pelaksana Bidang Kebencanaan SAR Kabupaten Karanganyar, Muhamad Rosyid Alfauzan menyampaikan, selama satu bulan, SAR Kabupaten Karanganyar pun aktif melakukan koordinasi dengan para relawan terkait pelaksanaan pendistribusian bantuan hingga saat ini.

“Di antaranya, dalam dua pekan ini kami berjalan kegiatan baksos sayur yang melibatkan relawan, petani dan pedagang sayur se-Kecamatan Karangpandan dan Ngargoyoso. Selain itu, ada pula pembagian sembako baik beras, lauk pauk maupun bahan keperluan dapur yang lainnya,” katanya.

Terkumpul sayuran dan 220 paket sembako yang dibagikan pada Jumat (30/07/2021) ke warga isoman di Jatipuro, Jatisobo, Kebakkramat, Jaten dan wilayah Karanganyar Kota. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI