Pencairan Dana Desa Tahap Pertama Diharapkan Selesai Bulan Ini

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pemkab Sukoharjo meminta kepada desa yang belum melakukan pencairan dana desa tahap pertama tahun 2016 untuk segera melengkapi persyaratan karena waktu pencairan mendekati batas akhir. Diharapkan syarat seperti APBDes dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) bisa diselesaikan hingga akhir bulan ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Selasa (16/8) mengatakan, hingga pekan ke tiga Agustus baru 80 persen dari total 150 desa se Kabupaten Sukoharjo yang sudah melaksanakan pencairan dana desa tahap pertama tahun 2016. Sedangkan sisanya 20 persen sama sekali belum karena terkendala persyaratan.

“Waktu semakin mepet makanya kami minta desa yang belum melaksanakan pencairan segera mengurus dan menyelesaikan syarat agar dana desa bisa cair secepatnya,” ujar Agus Santosa.

Pemkab Sukoharjo sudah menerjunkan tim untuk memantau langsung desa yang belum melaksanakan pencairan dana desa. Hasilnya memang diketahui ada kendala di desa tersebut. Kendala tersebut coba diatasi Pemkab Sukoharjo dengan memberikan bimbingan teknis kepada pihak desa. Salah satunya yakni berkaitan dengan penyusunan kebutuhan anggaran. (Mam)

BERITA REKOMENDASI