Pencairan Gaji 13 Dan 14, Tunggu Instruksi Pusat

SOLO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, siap mencairkan gaji ke-13 dan ke-14 kepada Aparataur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Kontrak Pemerintah Kota (TKPK), dengan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 75 miliar. Meski begitu, proses pencairan masih harus menunggu instruksi dari pemerintah pusat yang diperkirakan turun sekitar satu pekan menjelang Lebaran.

Sekretarais Daerah (Sekda), Budi Yulistyanto mengungkapkan, dana gaji ke-13 dan ke-14 telah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Sedangkan besaran anggaran, didasarkan kebutuhan rutin belanja pegawai yang rata-rata mencapai Rp 40 miliar per bulan.

Besaran gaji ke-13 yang biasanya dicairkan berkaitan dengan Lebaran, menurut pria yang akrab disapa Pak Beye ini, terdiri dari komponen gaji pokok ditambah tunjangan sesuai pangkat dan jabatan masing-masing ASN. Sedangkan besaran gaji ke-14 yang biasanya dicairkan berkaitan dengan musim tahun ajaran baru pendidikan, hanya sebatas gaji pokok masing-masing ASN, hingga total kebutuhan anggaran berkisar Rp 75 miliar.

"Tak ada persoalan dengan ketersediaan anggaran," ujarnya sembari menambahkan, karenanya, sewaktu-waktu pemerintah pusat menerbitkan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak), dapat langsung dicairkan. (Hut)

BERITA REKOMENDASI