Pendakian Lawu via Tambak Dibuka, Pendaki Bakal Wow!

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar resmi membuka jalur pendakian Gunung Lawu via Dusun Tambak, Desa Berjo, Ngargoyoso. Jalur pendakian ini disebut-sebut memiliki karakteristik istimewa dibanding dua jalur resmi lainnya di wilayah Karanganyar.

“Selain di Candi Cetho, Jenawi dan Cemoro Kandang, Tawangmangu, kini dibuka jalur resmi di Dusun Tambak, Ngargoyoso. Uji coba sudah dilakukan dan mulai resmi dengan tiket retribusi per awal September 2020,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto kepada KR, Selasa (25/8).

Jalur tersebut sebenarnya sudah sering dipakai pendaki menuju puncak Hargo Dumilah. Hanya saja, itu bukan jalur resmi yang dikelola pemerintah daerah. Tanpa legitimasi dari pemerintah, segala aktivitas pendakian di jalur tidak resmi tidak dijamin. Bahkan tanpa fasilitas dan layanan standar. Mulai saat ini, jalur pendaian pos Tambak dikelola Pemkab Karanganyar, Perhutani dan karang taruna Desa Berjo, Ngargoyoso.

“Kami belum menempatkan petugas Dinas Pariwisata untuk loket di Tambak. Nantinya, akan menggunakan masyarakat setempat. Dalam hal ini relawan di sana,” katanya.

Jalur pendakian Tambak tak ubahnya dua rute lainnya menuju puncak Lawu. Hanya saja, basecamp menuju pos 1 merupakan area terjal dengan kemiringan ekstrem. Baru kemudian setelah pos 1, pendaki menemukan bonus pendakian.

BERITA REKOMENDASI