Pendataan Keluarga Dimulai, Petugas Input Data Manual di Daerah Sulit Sinyal

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pendataan keluarga tahun 2021 resmi dimulai di Kabupaten Karanganyar dengan sasaran 302.996 keluarga. Sebanyak 1.984 sukarelawan diterjunkan untuk melakukan pendataan dari rumah ke rumah.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Penyuluh dan Penggerakan Keluarga dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Karanganyar, Any Rahayu Setyaningrum mengatakan pendataan keluarga dilaksanakan secara sensus dengan sasaran seluruh anggota yang tercatat di kartu keluarga. Di hari pertama pendataan, petugasnya mengunjungi rumah Bupati Karanganyar Juliyatmono di Dusun Pokoh Desa Ngijo, Tasikmadu, Kamis (1/4).

Petugas dibekali materi pertanyaan yang diajukan ke Juliyatmono didampingi istrinya Siti Khomsyah. Keduanya memiliki anak semata wayang, Ilyas Akbar Almadani. Petugas melakukan pengisian data secara elektronik di ponsel pintar berbasis android berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Cara ini untuk memudahkan data diunggah ke sistem. Bagi petugas yang mengalami kendala jaringan internet di ponselnya, bisa mengisi data di formulir kertas.

BERITA REKOMENDASI