Penerapan ETLE di Karanganyar Terkendala Blank Spot Area serta Obyek Bergerak

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Penindakan lelanggar lalu lintas melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Karanganyar ternyata bercelah. Selain hanya terdapat satu CCTV, ternyata kamera itu tak dapat menangkap jelas gambar obyek bergerak seperti sepeda motor yang melanggar lampu merah. Lalu, memiliki blank spot area alias penghalang. Kendala lainnya adalah keterbatasan pengamatan operator manusia.

Berbagai kendala itu dialami operator ruang CCTV Satlantas Polres Karanganyar. Dari satu CCTV yang dipasang di simpang empat Kongan, Tasikmadu, petugas dapat menilang empat sampai lima pelanggaran. Sebenarnya potensi jauh lebih banyak namun berbagai kendala menghambatnya.

“Obyek diam memiliki gambar lebih jelas saat dibidik pelat nomornya. Tapi kalau sedang bergerak, gambarnya blur. Lalu ada blank spot. Letak CCTV ke obyek di lampu merah sekitar 10 meter. Nah, di belakang obyek itu tidak dapat diketahui apa karena terhalang. Daun dan dahan juga menghalangi sorotan CCTV,” kata Kaur Binops Satlantas Polres Karanganyar Ipda Anggoro Wahyu, Minggu (28/3/2021).

BERITA REKOMENDASI