Pengamanan Natal di Solo, Ditempatkan Sniper

SOLO, KRJOGJA.com – Menggunakan sepeda motor gede (moge) ,Kepala Polda (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng) Irjen Rycko Amelza Dahniel dan Panglima Kodam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi mengecek keamanan sejumlah gereja di Solo, Selasa (24/12/2019).

Kapolda Jateng mengatakan pengamanan dilakukan secara all out pihak kepolisian di back up TNI dan komponen masyarakat, Polda telah melibatkan penembak jitu (sniper) di kota Solo dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Sniper ditempatkan di beberapa titik tertentu di saat Natal dan saat car free night di malam pergantian tahun.

Saat pemantauan gereja menggunakan moge selain Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro juga diikuti
Waka Polda Jateng Brigjen Pol Achmad Lutfi, anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana, Kapolresta Solo AKBP Andy Rifai, Komandan Korem (Danrem) 074 /Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay dan rombongan.
Rombongan Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro awalnya meninjau pengamanan di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Solo, dan Gereja Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan Jebres Surakarta.

Menurut Kapolda Jateng Irjen
Pol Rycko Amelza Dahniel
pemantauan dilakukan di Gereja Santo Antonius Purbayan, Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Solo, dan Gereja Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan Jebres Surakarta, yang jumlah jemaatnya lebih dari 3.000 orang atau masuk prioritas pertama.

"Polda Jateng bersinergi dengan Kodam Diponegoro sudah menyiapkan dan mengantisipasi soal pengamanan di wilayah hukum Polresta Surakarta," kata Kapolda Jateng.

Kapolda mengatakan, Polresta Surakarta sebagai ujung tombak pengamanan di lapangan sudah siap memberikan pengamanan, dan beberapa hal yang disampaikan untuk kekuatan personel yang didukung TNI bersama elemen masyarakat termasuk instansi terkait sudah cukup.
Kapolda Jateng menambahkan
ada beberapa penekanan dalam pengamanan gereja-gereja yang menjadi prioritas, yakni sebanyak 171 gereja di Solo, yang terdiri 16 gereja prioritas pertama, 22 gereja prioritas kedua dan 133 gereja prioritas ketiga.

Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi menambahkan jajaran TNI baik dari unsur AD, AU, dan AL siap mendukung tugas Polda Jateng dalam pengamanan Natal dan menyambut Tahun Baru 2020.
"Khusus di wilayah Korem 074/ Warastratama dan Kodim-Kodim se Solo Raya sudah siap mendukung apa yang diminta oleh Polresta Surakarta," katanya.

Menurut Pangdam, personelnya yang sudah masuk di Pos Pengamanan sebanyak satu satuan setingkat kompi (SSK) atau 100 personel. Pihaknya juga telah menyiapkan personel masing-masing Kodim di wilayah Solo Raya satu satuan setingkat peleton dan dua SSK di Batalion 408 Sragen.

Sementara anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana yang ikut bergabung dengan rombongan mengatakan, pihaknya berharap masyarakat Solo Raya dapat rukun dan damai merayakan Natal dan menyambut Tahun Baru 2020. (Hwa)

 

BERITA REKOMENDASI