Pengusaha Makanan Kenalkan Menu Baru

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Antarpelaku usaha kuliner diminta bekerjasama agar saling menguatkan. Menjual produk olahan lokal dengan sistem bundling atau paket pembelian, menjadi salah satu caranyam 

"Saya optimistis produk olahan lokal dilirik karena menggunakan bahan lokal dan sehat. Apalagi dijual secara paket atau bundling dengan UMKM yang sudah lebih dulu terkenal," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Supramnaryo kepada wartawan di sela Festival Olahan Pangan Lokal mengusung tema 'Berkualitas-Berdaya Saing-Go Digital' di halaman kantornya.

Sebanyak 20 produk unggulan usaha kecil menengah (UKM) dari 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar dipamerkan pada festival itu. Kegiatan itu rangkaian acara bimbingan teknis (bintek) selama dua hari. Materi yang disampaikan saat bintek, yaitu keamanan pangan, branding, labelling, packing produk olahan pangan lokal, peranan ekonomi kreatif dalam pengembangan produk olahan pangan lokal, dan pemasaran produk olahan pangan lokal lewat digital.

Sejumlah pelaku usaha yang ambil bagian dalam festival itu adalah jadah tempe Mbah Timan, Rahma Jaya Herbal, Dof Coffee, Ubigo, Nasi Brabuk Omah Poleng Ceto, Putri Timus, Tape Ketan Manis dan Madu Mongso, dan lain-lain.

"Kami mulai dari pelatihan lalu ditutup pameran. Betul, produk olahan lokal ini terkendala pemasaran. Kami akan merumuskan pemasaran berkesinambungan. Dimulai dari membentuk asosiasi pelaku usaha produk olahan lokal. Kerja sama dengan pengelola tempat wisata. Disiapkan oleh-oleh khas Karanganyar di setiap tempat wisata," kata Supramnaryo.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menuturkan Kabupaten Karanganyar kaya olahan makanan tetapi belum semuanya tersentuh teknologi. Menurut Bupati, sejumlah produk belum dikemas layak. Padahal kemasan menjadi salah satu standar saat memasarkan produk. 

"Panganan nang Karanganyar komplet karena sumber daya alam melimpah. Masalahe piye carane olahan itu disentuh supaya patut disawang, bikin orang berselera. Butuh teknik," ujar Bupati. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI