Penyimpanan Cetakan Koran KR Perdana, Monumen Pers Solo Direvitalisasi

SOLO, KRJOGJA.com – Setelah sempat merana karena puluhan tahun tidak direnovasi, Gedung Monumen Pers Nasional (Monpers) termasuk di dalamnya Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta kini mulai tersentuh revitalisasi.

Gedung Monpers yang terletak di Jalan Gajah Mada nomor 76 , Banjarsari, Solo itu memiliki riwayat sejarah penting, karena Monpers dahulu bernama Gedung Societiet Mangkunegaran atau Sasanasuka. Di Monpers lah dijadikan tonggak sejarah penetapan Hari Pers Nasional (HPN) yang bermula dari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 1946 di Monpers.

Kepala Monumen Pers Nasional (Monpers)  Widodo Hastjaryo dan Ketua PWI Cabang Khusus Surakarta Anas Syahirul kepaSabtu ( 28/11/2020) mengatakan Monumen Pers Nasional memiliki koleksi yang terdiri dari lebih dari satu juta koran dan majalah serta berbagai benda bersejarah yang terkait dengan pers Indonesia. “Termasuk benda bersejarah yakni plat untuk mencetak koran Kedaulatan Rakyat terbitan pertama kali tanggal 27 September 1945 juga disimpan di Monpers,” ujar Widodo.

BERITA REKOMENDASI