Peralihan Cuaca, Sejumlah Wilayah Di Sukoharjo Sudah Turun Hujan

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Sejumlah wilayah di Sukoharjo sudah turun hujan sejak dua hari terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo memprediksi kondisi sekarang sudah masuk peralihan cuaca dari kemarau ke penghujan. Hal itu juga diperkuat dengan infomasi dari BMKG.

Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto, Senin (25/9) membenarkan disejumlah wilayah di Sukoharjo sudah turun hujan. Seperti di wilayah Kecamatan Sukoharjo Kota, Bendosari dan Baki hujan turun deras pada Sabtu (23/9) sekitar pukul 12.00. Gerimis juga terjadi pada Minggu (24/9) sore hingga malam hari di wilayah Kecamatan Kartasura.

Kondisi selama dua hari tersebut dikatakan Suprapto merupakan fenomena alam peralihan cuaca dari kemarau ke penghujan. Pada masa peralihan seperti sekarang masyarakat diminta untuk tetap waspada.
Bentuk kewaspadaan tersebut salah satunya berkaitan dengan angin kencang. Sebab angin kencang sering muncul disaat peralihan cuaca. “Benar disejumlah wilayah di Sukoharjo sudah turun hujan. Tapi intensitasnya masih ringan,” ujar Suprapto.

BPBD Sukoharjo mendapatkan informasi dari BMKG terkait peralihan cuaca dari kemarau ke penghujan pada akhir September. Disaat ini hujan dengan intensitas ringan turun terjadi disejumlah wilayah di Sukoharjo.

“Hujan dengan intensitas sedang diprediksi berangsur mulai turun pada Oktober mendatang,” lanjutnya.
Datangnya peralihan cuaca membuat BPBD Sukoharjo juga ikut melakukan kesiapsigaan. Salah satunya berkaitan dengan kerawanan terjadinya bencana alam seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor.
Khusus untuk banjir sejumlah wilayah di Sukoharjo masuk kategori rawan. Seperti di wilayah Kecamatan Sukoharjo Kota, Grogol, Mojolaban dan Polokarto. 

“Kami juga kosentrasi pada pengawasan terhadap penyelesaian pembangunan talud rusak disejumlah daerah. Talud harus selesai saat musim hujan datang agar tidak terjadi banjir lagi,” lanjutnya.
Talud tersebut seperti di wilayah Kecamatan Grogol, Mojolaban dan Polokarto. Talud longsor setelah terkena gerusan derasnya arus air.

Warga Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari Joko Cahyono mengatakan, hujan sudah turun pada Sabtu (25/9). “Hujan turun sangat deras,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI