Perbaikan Underpass Makamhaji Disiapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas Kendaraan

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pengalihan arus lalu lintas telah disiapkan selama penutupan jalur Underpass Makamhaji Kartasura untuk perbaikan mulai 21 Februari hingga 7 Maret. Petugas sudah melakukan sosialisasi dengan menyebar peta jalan pada masyarakat. Diharapkan dengan informasi tersebut membuat pengguna bisa hafal jalan yang akan dilintasi.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Minggu (13/2/2022) mengatakan, Satlantas Polres Sukoharjo telah menyiapkan rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas selama penutupan Underpass Makamhaji Kartasura untuk dilakukan perbaikan. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan mengingat selama perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura nanti jalur menuju kesana ditutup total selama beberapa hari.

Dampak penutupan tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan kemacetan panjang kendaraan. Untuk itu disiapkan jalur alternatif agar kendaraan tidak menutup disatu lokasi disekitar Underpass Makamhaji Kartasura.

Berdasarkan peta pengalihan arus lalu lintas yang dikeluarkan Satlantas Polres Sukoharjo, untuk kendaraan pribadi, truk, bus dari arah barat Boyolali sampai di simpang Tugu Kartasura yang akan menuju ke Kota Solo akan diarahkan melalui Jalan A Yani. Namun demikian khusus kendaraan pribadi yang akan ke arah timur dan melintas di Jalan Slamet Riyadi masih diperbolehkan. Nantinya kendaraan pribadi tersebut hanya akan bisa melintas di simpang TPU Pracimaloyo Makamhaji Kartasura diarahkan ke Utara sampai ke Jalan A Yani.

Pengalihan melalui TPU Pracimaloyo Makamhaji Kartasura disebabkan karena jalan yang ke timur lagi ditutup menuju Underpass Makamhaji Kartasura. Disimpang tiga TPU Pracimaloyo nanti akan ditempatkan petunjuk arah dan dijaga petugas membantu mengatur arus lalu lintas.

Kendaraan dari barat arah Boyolali yang akan ke selatan diarahkan melalui Keraton Kartasura hingga tembus ke perlintasan kereta api Mayang Gatak dan ke Baki hingga simpang empat Gentan Baki. Khusus di perlintasan kereta api Mayang Gatak nanti, Polres Sukoharjo akan menempatkan petugas membantu pengaturan lalu lintas mengingat dititik tersebut rawan kemacetan saat kereta api melintas.

Pengalihan kendaraan besar juga dilakukan agar tidak melintas melalui Underpass Makamhaji Kartasura. Kendaraan besar diarahkan dari simpang Tugu Kartasura melalui jalur Yogyakarta hingga ke simpang Pakis. Kendaraan kemudian diarahkan melalui Wonosari, Klaten kemudian baru masuk Daleman, Baki, Kadilangu, Baki, Solo Baru, Grogol dan Sukoharjo.

Satlantas Polres Sukoharjo juga akan melakukan pengalihan arus kendaraan dari timur yang akan menuju ke barat karena akses Underpass Makamhaji Kartasura ditutup. “Sudah dilakukan penyebarluasan informasi pengalihan arus lalu lintas dampak nanti perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura karena akan dilakukan penutupan total,” ujarnya.

Kapolres meminta pada masyarakat untuk menggunakan jalur yang sudah disiapkan petugas dan tidak memaksakan diri masuk ke jalur Underpass Makamhaji Kartasura karena akan ditutup total. Untuk memperlancar perbaikan jalur tersebut maka, Kapolres menegaskan petugas tetap akan diturunkan untuk membantu pengaturan arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sri Buntoro, mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama pihak terkait diputuskan bahwa akan dilaksanakan perbaikan di Underpass Makamhaji Kartasura. Selama perbaikan akan dilakukan penutupan total akses jalan. Petugas akan mengalihkan sementara arus lalu lintas menggunakan beberapa titik jalan alternatif.

Jadwal perbaikan dan penutupan total Underpass Makamhaji Kartasura dilaksanakan mulai 21 Februari hingga 7 Maret 2022 mendatang. Dishub Sukoharjo sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Diharapkan pada saat pelaksanaan nanti masyarakat sudah mengetahui agenda tersebut.

“Ada perbaikan dan perubahan konstruksi saluran di Underpass Makamhaji Kartasura,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI