Perbup New Normal Terbit, Atur Sanksi Sosial

SRAGEN, KRJOGJA.com – Peraturan Bupati (Perbup) tentang penerapan new normal di Kabupaten Sragen akhirnya diterbitkan, Kamis (2/7). Perbup No 33/2020 yang ditandatangani Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati ini mengatur tentang Penerapan Tatanan Kehidupan Normal Baru untuk Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Sragen.

Perbup new normal mengatur protokol kesehatan untuk tujuh sektor beserta sanksinya yang berupa teguran lisan, teguran tertulis, dan pembinaan pekerjaan sosial sesuai dengan kasusnya. Ketujuh sektor yang diatur dalam Perbup itu terdiri atas sektor perekonomian, sosial, kesehatan, transportasi, ruang publik, pariwisata, dan keagamaan.

Setiap warga Sragen diwajibkan mengikuti penerapan tatanan kehidupan normal baru (new normal) untuk mewujudkan, mempertahankan, dan meningkatkan derajat kesehatan serta kehidupan sosial ekonomi. “Perbup sudah kami keluarkan. Kami akan melihat masyarakat supaya bisa mematuhi dan membaca benar Perbup tersebut,” ujar Yuni di sela kegiatan rapid test di Kecamatan Mondokan.

Yuni berharap masyarakat benar-benar menerapkan new normal dengan benar. Untuk pengawasannya, nanti ada tim gabungan untuk patroli yang dikoordinasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen bersama TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.

BERITA REKOMENDASI