Percepat Realisasi Target Gugus Tugas Terus Gelar Vaksinasi Virus Corona

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJOGJA.com– Vaksinasi virus Corona dengan sasaran lanjut usia (lansia), petugas pelayan publik dan tenaga kesehatan (nakes) secara keseluruhan hingga 10 Juli 2021 belum tercapai 100 persen. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mencatat target secara keseluruhan se-Kabupaten Sukoharjo sebanyak 535.368 orang untuk dosis pertama baru terealisasi 92.231 orang atau 17,23 persen dan dosis kedua mencapai 52.195 orang atau 9,75 persen.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Senin (12/7/2021) mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo masih terus melakukan vaksinasi virus Corona dengan sasaran nakes, lansia dan petugas pelayan publik. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan disejumlah tempat untuk mempercepat proses pencapaian realisasi target.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo per 10 Juli 2021 mencatat capaian realisasi vaksinasi virus Corona untuk lansia 43.356 orang atau 55,80 persen untuk dosis pertama dan 26.107 orang atau 33,69 persen untuk dosis kedua.

Vaksinasi virus Corona dengan sasaran lansia ada sebanyak 77.756 orang. Target sasaran tersebut akan segera direalisasikan secepatnya oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo.

Percepatan realisasi pencapaian target vaksinasi virus Corona dengan sasaran lansia dikoordinasikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo dengan petugas terkait lainnya. Keberadaan petugas tersebut sangat membantu proses pemberian vaksin kepada sasaran lansia yang tersebar di 12 kecamatan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mencatat untuk capaian vaksinasi virus Corona dengan sasaran petugas pelayan publik dari target sebanyak 30.010 orang sudah terealisasi mencapai 39.260 orang atau 130,82 persen untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua mencapai 16.510 orang atau 55,01 persen.

Sasaran vaksinasi virus Corona untuk nakes dosis pertama sebanyak 9.583 orang atau 154,44 persen dan dosis kedua mencapai 9.489 orang atau 152,93 persen. Angka pencapaian vaksinasi virus Corona akan terus ditingkatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo secepatnya.

“Per 10 Juli 2021 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mencatat target secara keseluruhan se-Kabupaten Sukoharjo sebanyak 535.368 orang untuk dosis pertama baru terealisasi 92.231 orang atau 17,23 persen dan dosis kedua mencapai 52.195 orang atau 9,75 persen,” ujarnya.

Pemberian vaksinasi pada sasaran, baik nakes, petugas layanan publik maupun lansia menyesuaikan dengan kuota vaksin yang diterima dari pemerintah pusat. Sehingga, pemberian vaksin tidak bisa diberikan sekaligus.

Yunia Wahdiyati, mengatakan, sistem pengiriman vaksin virus Corona dilakukan pemerintah pusat ke daerah termasuk Pemkab Sukoharjo setiap minggu berdasarkan jumlah kebutuhan pelaksanaan vaksinasi virus Corona dan bukan kuota pengajuan.

Sistem yang diterapkan tersebut membuat pelaksanaan kegiatan vaksinasi virus Corona tetap bisa berjalan rutin setiap minggu. Vaksinasi virus Corona dilaksanakan secara bergantian rutin terhadap sejumlah sasaran.

Pemerintah pusat sengaja menerapkan sistem pengiriman vaksin virus Corona setiap minggu juga dengan maksud untuk mempermudah pemantauan dan pendataan. Sebab dalam setiap minggu perkembangan sasaran yang sudah divaksin terus didata dan dipantau untuk dilaporkan daerah ke pusat.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo hingga saat ini terus melaksanakan vaksinasi virus Corona dengan capaian baru 9 persen dari total keseluruhan sasaran. Angka tersebut akan terus ditingkatkan kedepan sesuai dengan kiriman vaksin virus Corona yang diberikan pemerintah pusat.

Penambahan angka capaian vaksinasi virus Corona akan terus meningkat setiap minggu. Sasaran sudah terdata diharapkan partisipasinya untuk bisa mengikuti kegiatan vaksinasi virus Corona.

Apabila ada kendala hingga menyebabkan penundaan pemberian vaksin virus Corona terhadap sasaran maka pelaksanaanya masih bisa dilakukan lain hari.

“Pemerintah pusat melakukan pengiriman vaksin virus Corona setiap minggu untuk Pemkab Sukoharjo berdasarkan jumlah kebutuhan pelaksanaan vaksinasi virus Corona,” ujarnya. (Mam) 

BERITA REKOMENDASI