Peringatan Hari Pancasila di Sragen Meriah

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN (KRjogja.com) – Ratusan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sragen mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila di kantor DPC PDIP setempat, Kamis (1/6). Mereka berkomitmen setia pada Pancasila dan siap mengawal pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).    

Sekretaris DPC PDIP Sragen, Sugiyamto selaku pemimpin upacara mengatakan, sebagai bentuk kesetiaan pada Pancasila, seluruh kader di Sragen siap menjadi garda terdepan untuk mengawal perbedaan. Kebhinekaan dan keberagaman di Indonesia merupakan anugerah yang harus dijaga.

Di tempat terpisah, seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Sragen mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Kamis (1/6). Setelah upacara dilanjutkan deklarasi pernyataan sikap Forkompinda Sragen, Saya Indonesia, Saya Pancasila, Saya Anti Narkotika.

Upacara dipimpin Wakil Kapolres (Wakapolres) Sragen, Kompol Danu Pamungkas, dan dihadiri Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati; Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto; Kepala Kejari Sragen, Barus Batubara; serta perwakilan dari sejumlah instansi samping di Sragen.

Deklarasi dipimpin Bupati di hadapan peserta upacara. Deklarasi tersebut dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut atas arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Pernyataan sikap terdiri lima butir yang esensinya komitmen bersama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Mereka bertekad mengawal perintah Presiden Jokowi dengan cara khas Kabupaten Sragen yakni melalui pendekatan persuasif, dialog di semua lini dengan tak mengurangi aspek ketegasan.

Seusai deklarasi dilanjutkan penandatanganan sikap dukungan Saya Indonesia, Saya Pancasila, Saya Anti Narkotika, di spanduk putih. Tak sampai di situ saja, pejabat forkompinda melanjutkan dengan aksi penempelan stiker anti narkotika di kendaraan pengguna jalan yang melintas di depan Setda. "Tidak ada salahnya melakukan langkah-langkah antisipatif. Deteksi dini sangat diperlukan. Langkah ini memerlukan komitmen dan langkah bersama pejabat Forkompinda Sragen. Tanggung jawab kita bersama menjaga kebhinekaan, dan Pancasila," ujar Yuni. (Sam)

BERITA REKOMENDASI