Permintaan Sapi Wonogiri Melonjak

WONOGIRI (KRjogja.com)- Mendekati hari kurban atau Idul Adha, pengiriman sapi potong (pedaging) dari  Wonogiri keluar kota terus ramai sejak satu bulan terakhir. Banyaknya permintaan hewan korban mengakibatkan harga sapi di pasaran kini naik sekitar Rp 2 juta per ekor.

"Dibanding dengan angka bulan lalu pengiriman sapi kurban dari Wonogiri keluar kota dewasa ini naik sekitar 30 persen," kata Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Nakperla) Wonogiri Ir Rully Pramono Retno MM, Kamis (25/08/2016).

Rully optimistis angka prosentase pengiriman sapi daerahnya itu bakal terus meningkat seiring dengan semakin dekatnya hari kurban. Tren tersebut bisa dimaklumi karena populasi ternak sapi potong Kabupaten Wonogiri selama ini terbesar kedua di wilayah  Jawa Tengah setelah Blora.

Diungkapkan Rully, untuk mengantisipasi pengiriman sapi kurban yang tidak layak potong keluar daerah pihaknya kini saban hari pasaran harus keliling kabupaten untuk memantau pasar hewan yang ada di daerah Wonogiri. Secara bergantian pasar hewan yang lagi ramai didatangi petugas Nakperla yang dipimpin langsung langsung Rully. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI