Pernah Terpapar Covid-19, ASN Didorong Donor Plasma Konvalesen

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRjogja.com – Sedikitnya 100 Aparat Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sragen dinyatakan sebagai penyitas pernah terkonfirmasi covid-19. Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengajak ASN yang sudah sembuh, bergabung menjadi relawan pendonor plasma konvalesen.

Penegasan itu disampaikan Bupati saat mencanangkan gerakan donor plasma dari kalangan ASN di Pemkab Sragen, Kamis (22/7). “Kami berharap ASN menjadi pendonor darah plasma yang saat ini sangat dibutuhkan. Seperti yang disampaikan PMI, tidak hanya yang bergejala ringan atau sedang dan berat saja tapi sekarang bergejala ringan membutuhkan plasma,” ujar Yuni.

Yuni menyampaikan, pihaknya belum merinci jumlah total ASN yang pernah terpapar covid-19 dan sudah sembuh. Namun ia meyakini angkanya sekitar 100 orang bahkan bisa lebih. Butuh pendataan untuk bisa mengetahui jumlah pasti ASN yang terpapar dan sudah sembuh. “Angka pastinya harus terdata. Tapi saya kira ada 100 ASN atau lebih karena kita jumlah ASN 13.000an. Dan berhari-hari ini sudah berkurangan satu persatu,” katanya.

Yuni menyampaikan beberapa ASN yang sudah sembuh dari Covid-19 di antaranya ada Sekda Tatag Prabawanto, Kepala BPTPM Tugiyono serta beberapa jajaran eselon II yang sempat terpapar, dipastikan sudah siap menjadi pendonor. “Pastinya akan bisa bermanfaat (donor plasma). Nanti kita informasikan pada teman-teman jumlah pastinya setelah terdata,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI