Persediaan Beras Nasional Berlebih, Stok Puasa dan Lebaran Aman

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Persediaan beras menjelang puasa dan Lebaran 2019 sangat aman. Jadi pemerintah dalam waktu dekat dipastikan tidak akan melakukan impor beras mengingat persediaan dalam negeri mencapai 1,8 juta ton.

"Persediaan ini melebihi range yang dipatok pemerintah 1 sampai 1,5 juta ton," jelas Dr Ir Riwantoro MM, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian RI pada seminar nasional dan Praloknas FKPTPI BKS Wilayah Timur di kampus Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (27/3).

Untuk memudahkan pantauan produksi dan permintaan beras, kementerian pertanian telah mengembangkan aplikasi digital, Ecomerce. Lewat teknologi mampu memangkas mata rantai dari 9 titik menjadi 3 titik.

Dari aplikasi itu juga terlihat berapa banyak beras yang dibutuhkan. Namun untuk memutuskan impor beras banyak hal yang menjadi pertimbangan, termasuk kekuatan cadangan beras aman yang dipatok 1 sampai 1,5 juta ton.

Menurut Riwantoro melalui aplikasi ini mampu memotong mata rantai mampu menekan harga sampai 20 persen. Pemerintah secara bertahap terus mengembangkan temasuk menambah jaringan Toko Tani. Sekarang sudah ada 4000 Toko Tani dan setiap tahun tambah 1000 toko. (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI