Persiapan Pengamanan Pilkada dan Pilkades, Linmas Dilatih PBB

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Linmas mendapatkan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pembinaan dari Kodim 0726 Sukoharjo. Kegiatan dilakukan dalam rangka persiapan membantu pengamanan pelaksanaan Pilkada dan Pilkades 2018 mendatang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Heru Indarjo, Selasa (26/12) mengatakan, pelatihan digelar di masing masing wilayah tugas para Linmas. Materi yang diajarkan yakni berkaitan dengan PBB. 

Para linmas mendapatkan pelatihan PBB dari anggota Kodim 0726 Sukoharjo. Latihan digelar secara kontinyu setiap tahun untuk menjaga sekaligus meningkatkan kemampuan. Dalam latihan tersebut para Linmas juga mendapatkan pembinaan khususnya sikap dan mental. Selain itu materi lainnya yakni berkaitan dengan wawasan kebangsaan.

“Latihan PBB ini sangat penting bagi Linmas utamannya untuk menjalankan tugas di wilayah masing masing. Latihan ditangani langsung oleh anggota Kodim 0726 Sukoharjo,” ujar Heru Indarjo.
Latihan yang digelar kali ini sedikit berbeda karena sebagai persiapan dalam pengamanan Pilkada dan Pilades 2018. Meski waktu pelaksanaanya masih lama namun kemampuan yang sudah dimiliki diharapkan bisa diterapkan saat kegiatan digelar tahun depan.

“Kosentrasi utama memang pada pengamanan Pilkada tapi tahun depan juga ada penyelenggaraan Pilkades massal di 126 desa. Dua agenda besar itu kami persiapkan sejak dini,” lanjutnya.
Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakoso mengatakan, latihan PBB sudah diberikan secara bertahap kepada para Linmas di Sukoharjo. Latihan tidak sekedar melatih saja namun juga meningkatkan kemampuan Linmas berkaitan dengan baris berbaris.

Kodim 0726 Sukoharjo memberi perhatian serius terhadap keberadaan Linmas. Sebab mereka memiliki peran besar dalam menjaga kondusifitas wilayah. Keberadaanya juga mampu menyebar disetiap lini ditingkat desa dan kelurahan.

“Linmas ini sangat penting termasuk membantu aparat pada saat momen kegiatan tertentu. Semisal nanti saat ada Pilkada 2018 mendatang,” ujarnya.

Linmas yang sudah diberi pelatihan PBB tersebut nantinya akan terus dipantau oleh anggota Kodim 0726 Sukoharjo. Hal tersebut penting untuk memastikan kesiapan saat bertugas. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI