Persiapan Porprov, Perekrutan Pelatih Mulai Dilakukan

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – KONI Kabupaten Karanganyar berencana merekrut pelatih 12 cabang olahraga yang akan bertanding di Porprov 2022 di eks Karisidenan Pati. Para atletnya juga diseleksi.

Ketua KONI Karanganyar, Sumarno mengatakan perekrutan pelatih dan seleksi atlet 12 cabang olahraga itu direncanakan awal 2021. Upaya tersebut dalam rangka meraih target 10 besar pemenang Porprov.

“Minimal harus masuk 10 besar. Itu bukan perkara mudah karena kita tertinggal jauh. Pada Porprov 2018 lalu, Karanganyar di rangking 29 sari 35 kabupaten/kota. Hanya mendapat 4 emas, 9 perak dan 21 perunggu,” kata Sumarno, Rabu (16/12/2020).

Cabor yang akan dibina serius untuk memenangkan Porprov 2022 adalah senam, paralayang, petanque, pencak silat, gulat, taekwondo, panahan, gantole, softball, binaraga, cricket dan basket. Cabor itu pula yang memberi kontribusi medali pada Porprov 2018.

Menurutnya, sarana dan prasarana di Karanganyar dinilai cukup dan mumpuni untuk berlatih para atlet, demi meningkatkan prestasi. Karanganyar memiliki GOR RM Said, Stadion 45 dan GOR Mini Nyi Ageng Karang yang memfasilitasi latihan 12 cabor tersebut. “Sarana prasarana cukup. Tinggal menggenjot atlet, sekaligus mendukungnya dari sisi pembiayaan. Sehingga hasilnya lebih optimal,” jelasnya.

Terkait seleksi atlet, Sumarno menyebut pentingnya pengumpulan data awal, yakni nama dan nomor atlet. Pendataan ini sangat penting sebagai acuan atau dasar dalam menginventarisasi nomor pertandingan atau cabor yang berpeluang mendulang mendali. “Tentunya setelah pendataan ini, langkah selanjutnya adalah validasi dan verifikasi data serta monitoring latihan tiap-tiap cabor,” katanya.

Besar kemungkinan, KONI menjalin kontrak dengan atlet maupun mengikatnya dengan perjanjian tertentu. “Supaya mereka serius dan kita tak kehilangan mereka jelang pertandingan,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI