Pertapa Tewas Saat Ritual di Sendang Manten

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Seorang peziarah asal Jawa Timur, Hendry Bayu Tumanggor (54) ditemukan meninggal dunia di kompleks wisata religi Sendang Manten Pringgodani Kecamatan Tawangmangu, Senin (3/2) pukul 14.45 WIB.

Komandan SAR Karanganyar Arif Sukro Yunianto mengatakan jenasah pria paruh baya tersebut pertama kali oleh warga setempat. Dugaan penyebab meninggalnya peziarah yang melakukan ritual tersebut akibat hipotermia atau kedinginan akut. Pasalnya suhu di wilayah Tawangmangu ekstrem pasca diguyur hujan. Arif menambahkan, jenazah telah dievakuasi ke puskesmas Tawangmangu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kemungkinan hipotermia, karena di Tawangmangu cuacanya hujan dan dingin. Korban melakukan ritual. Mungkin daya tahan tubuh kurang bagus atau sedang tidak sehat,” katanya, Senin (3/2) malam.

Sementara itu Camat Tawangmangu, Rusdianto, mengatakan dari informasi warga, Henry sudah berada di sekitar area Sendang Manten sejak tiga hari sebelum mayat ditemukan. Ia melakoni ritual di tempat yang dipercayainya membawa berkah itu.

“Keluarga korban di Jawa Timur. Didapat informasi, korban memiliki riwayat penyakit jantung,” katanya.

Sedangkan berdasarkan visum luar dari Inafis Polres Karanganyar, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada jasad Henry. (Lim)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI