Peserta Mandiri UNS Harus Jalani Ujian Tulis

SOLO, KRJOGJA.com – Pendaftar jalur mandiri di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, tahun ini harus menjalani ujian tulis. 

"Peserta tetap terdaftar dan memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2019, namun juga harus mengikuti ujian tulis," tandas rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho membenarkan saat dihubungi, Senin (17/6).

Dengan diterapkannya ujian tulis, maka seleksi jalur mandiri UNS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena tahun lalu pertimbangan diterima dan tidak diterima berbasis nilai ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jadwal Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) SM-UNS 2019 akan dilaksanakan 20 Juli.

Ujian tulis tidak hanya digelar di Solo, tap juga di tujuh kota yang lain yakni Surabaya,  Bandung, Jakarta, Serang, Lampung, Medan dan Makassar. "Jadi pendaftar tidak harus datang ke Solo. Tapi bisa memilih lokasi ujian terdekat dengan tempat tinggalnya," jelas Prof Jamal.

Wakil rektor I Prof Dr Ahmad Yunus menambahkan tahapan seleksi mandiri diawali pendaftaran 2-11 Juli. Peserta mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada situs http:// spmb.uns.ac.id, klik ”Pendaftaran” dan akan mendapatkan Nomor Pendaftaran SM UNS. Bagi mereka yang sudah diterima di jalur SBMPTN tidak bisa mengikuti jalur mandiri. 

Materi Soal UTBC SM-UNS 2019 meliputi: Tes Potensi Akademik (TPA).Tes Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Nilai UTBC akan diolah dengan UTBK dan/atau prestasi non-akademik yang dimiliki pendaftar.
Kuota jalur mandiri UNS sekitar 20 persen dari daya tampung. Tahun lalu peminat jalur mandiri di atas 40.000 peserta. 

Prof Yunus belum bisa memperkirakan apakah tahun ini naik atau turun. Karena sekarang ada ujian tulis. Naskah ujian telah disiapkan UNS. Dalam pelaksanaan ujian tulis, UNS menjalin kerjasama dengan  perguruan tinggi yang ada di sejumlah kota di atas. Sehingga petugas pegawas ujian ditangani di masing-masing kota. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI